Dunia Fantasi Ancol (Dufan)



⭐⭐⭐⭐⭐
✅Juragan Hotel Review verified­čĆů


Dufan atau disebut juga Dunia Fantasi adalah sebuah taman hiburan yang terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Indonesia yang diresmikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 29 Agustus 1985.

Dufan tempat wisata favorit warga Jakarta di waktu senggang dan bahkan masyarakat di luar Jakarta juga banyak yang mengunjungi tempat Dufan. Kali ini Viva memberikan Informasi mengenai Sejarah hingga apa yang dapat kamu lakukan ketika sedan mengunjungi Dunia Fantasi (Dufan).


Sejarah Dufan dan Kera

Istana Boneka Dufan

Istana Boneka Dufan


Proyek Dufan dicanangkan pada awal tahun 1980 dimana pada saat itu Ancol masih dibawah kepemimpinan bapak Handogo Soekarno yang memiliki sebagai kepala divisi promosi Taman Impian Jaya Ancol.


Pada saat itu, Handogo memberikan mandat kepada Benny Benhardi untuk membuat ilustrasi menggunakan Birds Eye View. Pengerjaan ini dibuat di kantor Arsitektur Balai Samudra di bawah Arahan Bapak Sutisna dan arsitek senior Budi Priambodo serta beberapa juru gambar.

Dunia Fantasi memiliki beberapa maskot yang salah satunya berupa kera bekantan yang diberi nama Dufan (singkatan dari Dunia Fantasi). Dipilihnya kera sebagai karakter adalah untuk mengingatkan bahwa Ancol dahulu adalah kawasan Kera. Sedangkan pemilihan kera bekantan adalah semata-mata untuk mengenalkan jenis satwa langka yang kini dilindungi.

Pada awalnya, Bentuk karikatural kera bekantan ini divisualisasikan oleh Matari Advertising yang ikut serta dalam program komunikasi awal Dunia Fantasi karena pada saat itu, Agustinus Teddy Darmanto sebagai ketua sekaligus penanggung jawab BenDufa (Bengkel Dunia Fantasi) sangat sibuk dalam tahap penyelesaian akhir.

Oleh karena itu, pengvisualisasian diberikan pada Matari Advertising. Namun setelah Dunia Fantasi dibuka untuk umum, visualisasi karakter Dufan diambil alih kembali oleh tim BenDufa dan kemudian terciptalah logo beserta karakter-karakter Dunia Fantasi



Dufan terbagi dalam beberapa kawasan dengan tema tersendiri dan ciri khas masing-masing kawasannya. Sebaran kawasan ini ditujukan untuk membangkitkan imajinasi pengunjung yang diharapkan dapat merasakan sensasi Fantasi Keliling Dunia dan Era Modern Dufan yang dimulai dari kawasan Jakarta, Amerika, Istana Boneka, Indonesia, Eropa, Asia, Hikayat, Petualangan, Yunani, Indoor Dufan, dan Dunia Kartun. Selain wahana dan pertunjukan, Dufan juga memiliki sejumlah restoran, toko merchandise, dan game arcade. Luas Dunia Fantasi mencapai 21 hektar dari rencana pembangunan 552 hektar kawasan hiburan terpadu Taman Impian Jaya Ancol.

Pengunjung bisa datang dan mengunjungi Dunia Fantasi (Dufan), Ancol pada hari biasa pada pukul 10.00 hingga 18.00 WIB, serta pada akhir pekan mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB. Sedangkan untuk sampai ke kawasan Dufan Ancol bisa menggunakan beragam pilihan transportasi yang meliputi : Kereta Api ke Ancol : dengan rute Tangerang, ke Serpong, ke Depok, Bekasi dan Bogor. Bus Trans Jakarta : dengan rute Ancol ke Kampung Melayu, Kampung Rambutan atau Ancol ke Lebak Bulus, Pulo Gadung, Ragunan, Blok M, ataupun Ancol ke Harmoni langsung (Koridor 5). Kendaraan pribadi ke Ancol bisa melalui akses jalan tol.


By VIVA – 


Postingan populer dari blog ini

Hotel deKOST Madiun

Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung

Taman Wisata MBS - Kota Serang